close

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

lazada.com

Minggu, 09 Februari 2014

4 Cara Cerdas Menjalankan Peluang Bisnis Reseller Online

Gempita bisnis e-commerce di tanah air yang kian akbar, memberikan efek domino yang menguntungkan untuk banyak pihak. Salah satunya adalah berbisnis dengan menjadi seorang Reseller. Apa itu online reseller ? Sebuah jenis bisnis dengan menjual produk milik orang lain di dunia maya. Minimnya modal yang dibutuhkan dan keuntungan yang menjanjikan, tak ayal sektor usaha ini pun menjadi pilihan para pemula bisnis.

Berikut 4 tips cara menjalankan bisnis reseller online:

1. Teliti kebutuhan pasar. Sebelum menentukan produk apa saja yang akan Anda pasarkan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengamati kebutuhan pasar dan perkembangan tren yang sedang digemari oleh publik. Hal ini wajib dilakukan demi menghindari kekeliruan dalam menentukan produk yang akan Anda jajakan. Caranya sederhana saja, awali dengan meluangkan waktu untuk melakukan browsing mengenai shopping online yang tengah naik daun, produk mereka seperti apa, atau jika Anda mahir dengan teknologi, mulailah dengan mencari kata kunci yang paling banyak ditelusuri dan dibaca konsumen di mesin pencarian.

Teliti kualitas produk. Setelah berhasil memilih produk yang akan dipasarkan, langkah selanjutnya adalah mencari source atau online store yang menjual produk tersebut dengan kualitas yang prima dan harga bersaing.


2. Kenali sang pemilik produk. Jangan takut untuk menghubungi pemiliki online store atau sang blogger untuk menanyakan mengenai kemungkinan potongan harga apabila Anda memesan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, Anda pun harus melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui reputasi sang pemilik produk di dunia maya. Cermatilah website atau blog pemilik produk, seperti halnya berdagang cara konvensional, di mana bila sang penjual tampak sangat menguasai product knowledge, otomatis ia memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai produknya. Kemudian, jangan lewatkan testimonial para pembeli atau reseller lainnya di halaman website atau blog sang pemilik, meskipun hal tersebut tak sepenuhnya dapat diandalkan namun tak ada salahnya dilakukan, demi kelanggengan hubungan bisnis Anda dengan sang pemilik.

3. Gencar melakukan promosi. Kerahkan seluruh sosial media yang tersedia di internet untuk memasarkan produk dagangan Anda tersebut. Sebagai reseller, internet tak melulu menjadi ‘tool market’ Anda dalam menarik konsumen sebanyak-banyaknya, sebab sah-sah saja untuk memasarkan dengan cara konvensional, seperti menawarkan kepada keluarga, teman kantor atau para sahabat.

4. Cerdik menentukan harga. Setelah menentukan produk dan melakukan promo di dunia maya secara maksimal. Anda pun harus memperhatikan harga jual produk. Pilih produk yang memiliki harga yang bersaing dengan produk serupa. Jangan terlena dengan ‘rayuan’ harga murah, semakin murah produk tersebut maka semakin kecil pula komisi yang Anda terima. Ini berhubungan langsung dengan keuntungan yang Anda peroleh di kemudian hari.

Bisnis reseller bisa menjadi alternatif bisnis online dengan risiko yang minim. Amazon.com dan beberapa perusahaan e-commerce besar lainnya, menyediakan sarana ini sebagai lahan bagi para pelaku usaha pemula yang tengah merintis kemampuan berbisnis. Pada dasarnya bisnis reseller ini, sama dengan memiliki butik atau toko di dunia nyata.

Lalu bagaimana strategi bisnis reseller yang paling ampuh dalam mendatangkan profit? Salah satunya dengan memasang iklan PPC. Beli space iklan di berbagai website atau dengan traffic visitor yang tinggi, sah-sah saja dilakukan apabila tingkat penjualan telah tinggi. Yang pasti, seperti halnya bisnis non-dunia maya lainnya, concern Anda ada pada ROI (Return of Investment) alias jangan sampai besar pasak daripada tiang. SEO adalah salah satu cara menghemat biaya operasional, kuasailah keyword produk reseller Anda, dengan begitu Anda tak perlu mengeluarkan satu sen pun untuk melakukan promosi. Intinya, tentukan formula bisnis yang tepat dari pengalaman-pengalaman bisnis yang sudah pernah Anda lalui.

semoga bermanfaat

sumber: sukmainspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Solusi: